Sabtu, 28 Maret 2009

Motivasi Diri Berasal Dari Ketegasan Diri


Seorang teman membantu saya, pada saat saya sangat hopeless dengan kinerja yang terjadi saat ini. Baik di perusahaan yang dulu sampai dengan perusahaan sekarang. Mengapa mereka tidak pernah berpikir kalau mencari pekerjaan di zaman sekarang sangat sulit, malah terbilang amat sangat sulit. Namun dengan sikap sesuka hati setelah mendapatkan pekerjaan, mereka hanya bisa bersantai2, ngobrol2, atau asik berchatting ria dll untuk kepentingan mereka sendiri.Apa yang mereka 'jual' pada saat interview ternyata tidak sesuai dengan kenyataan setelah mereka bekerja.Pada akhirnya nanti setelah perusahaan menetapkan suatu keputusan untuk mempertegas visi dan misi perusahaan, mereka tidak menyukai kebijakan perusahaan.Mereka lantas membuat perkelompokkan untuk menyebarkan isu2 yang tidak mengenakan tentang perusahaan yang telah menerimanya.

Sangat ironis memang, ketika mereka meminta pekerjaan dengan menunjukkan potensi2 yang mereka miliki tetapi mereka tidak bisa memaintance kinerja mereka sendiri.

Untuk itu, dibutuhkan motivasi diri yang berasal dari ketegasan diri sendiri, bukan dari hasutan dari kelompok2 orang yang memiliki kinerja yg makin hari makin tidak bagus.

Pernahkah anda mendengar : "The great thing about being your own boss is that you can work whenever you want __as long as you always want to work".

Ketegasan adalah rahasia pertama dari motivasi. Jangan pernah melihat sekeliling anda, motivasi bukan petunjuk yang anda dapat dari sekeliling anda, bukan pelajaran yang didapat dari buku atau website, bukan pelajaran yang didapat dari seminar-seminar motivasi, dan bukan pula merupakan isi dari sebuah CD berisi ceramah ataupun berisi gambar-gambar dan ungkapan-ungkapan motivasi. Yang pasti seperti yang sudah saya tulis pada kalimat pertama ,rahasia motivasi ada di dalam ketegasan anda untuk membuat diri anda bergairah menjalani hidup dan meraih apa yang anda inginkan. Perlu diingat disini, anda sendirilah yang dapat memotivasi diri anda secara lebih awet, anda sendiri yang dapat melakukan usaha-usaha untuk membuat diri anda lebih baik dikemudian hari dengan meminimalkan gangguan, merencakan pekerjaan dengan lebih baik dan menjalankan apa yang anda rencanakan dengan sebaik-baiknya.
Jaga pikiran anda, jaga diri anda dan selamat berjuang untuk menjadi diri anda sendiri seperti yang anda pikirkan.

1 komentar:

  1. Hidup layaknya roda pedati yang berputar, kadang suka kadang duka, kadang sukses kadang gagal. Bila hidup terasa sulit dan selalu gagal, banyak hal yang dirasa kurang , kepada siapa kita harus berharap minta tolong?
    Ada seorang pemuda yang merasa hidupnya selalu gagal. Apa yang dilakukannya sepertinya selalu sial. Dia ingin menjadi orang yang sukses. Dia membaca buku-buku motivasi, tapi belum juga berhasil. Akhirnya dia ikut seminar motivasi. Tapi belum juga berhasil.
    Pada satu kesempatan dia bertemu dengan orang bijak dan bertanya mengapa hidupnya selalu gagal dan bahwa dia sudah mencoba mencari pertolongan dengan membaca buku-buku motivasi dan mengikuti seminar motivasi. Orang bijak itupun mengatakan bahwa diapun bukanlah orang yang dapat menolong si pemuda tadi. Lalu siapa yang dapat menolongnya? Orang bijak itu menunjuk satu ruangan. Si pemuda masuk ke ruangan itu dan kaget karena ruangan itu kosong dan hanya ada sebuah cermin besar. Dan di cermin itu dia melihat dirinya sendiri. “Ya, kamu sendirilah yang dapat menolong dirimu,” kata orang bijak itu.
    Tuhan akan menolong orang yang menolong dirinya sendiri.

    Semoga Tuhan memberkati
    Rusdy Gunawan
    http://rusdygunawan.blogspot.com

    BalasHapus